Sarana dan Prasarana Kantor

Sarana dan Prasarana Kantor

Jumat, 05 September 2014

Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana Kantor
1. Peralatan/perlengkapan kantor (office supplies)
         Peralatan/perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik. Peralatan/perlengkapan dibagi menjadi dua :

i)     Paralatan/perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya ;
Dilihat dari bentuknya, peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi tiga, antara lain :
1.          Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk lembaran
2.        Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk nonlembaran
3.         Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku
ii)    Peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari penggunaannya ;
Dilihat dari pengguanaannya, peralatan/perlengkapan kantor dapat dibedakan menjadi dua, antara lain :
     1. Barang habis pakai 
         Cth: pulpen, map snalhacter, dll

     2. Barang tidak habis pakai
         Perforator, Stepler, dll
2. Mesin-mesin kantor (office machine)
        Mesin-mesin kantor (office machine) adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh : komputer, laptop,LCD, Mesin Tik manual dan elektrik, Mesin fotocopy, dll.


3. Mesin-mesin Komunikasi kantor
       Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi, baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi. Contoh : telepon,interkom,faksimile, dan telepon wireless.


4. Perabot kantor (office furniture)
      Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang terbuat dari kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contoh : meja, kursi, rak buku, lemari, dll.


5. Interior kantor (office arrangement)
  Interior kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyeleseikan pekerjaan. Contoh : gambar presiden dan wakil presiden, gambar lambang negara, bendera,lukisan, AC, vas bunga, dll.


6. Tata ruang kantor (office lay out)
   Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada karyawan dan pekerja. 

Semoga Membantu :)